Berburu Nikmat di Negeri 15 Pulau ALOR - KORAN MARICA DESA KAYANG
Headlines News :

IKLAN

Home » » Berburu Nikmat di Negeri 15 Pulau ALOR

Berburu Nikmat di Negeri 15 Pulau ALOR

Written By MARICA DESA KAYANG on Minggu, 10 November 2013 | Minggu, November 10, 2013

alors 350x262 Berburu Nikmat di Negeri 15 Pulau
KORAN MARICA  KALABAHI – Ritinitas  kadang membosankan. Itu sebabnya para ahli kesehatan dunia menganjurkan agar  kita luangkan waktu sesaat untuk bersantai ria. Nah,,, untuk urusan yang satu ini tak ada salahnya mengunjungi Kabupaten Alor. Di negeri 15 pulau atau biasa dijuliki pulau kenari ini, banyak sekali potensi budaya dan pariwisata yang bisa dinikmati, misalnya, hutan nostalgia, perkampungan tradisional (seperti Takpala dan Mombang) dan Taman Laut Selat Pantar.

Sejak 15 tahun terakhir, yang paling diminati dan ramai dikunjungi wisatawan adalah Taman Laut Selat Pantar. Di selat ini terdapat taman dasar laut yang indah yang didiami biota laut dengan kekhasan dan keunikan tersendiri. Di sini,,, kita juga bisa melakukan diving. Di sekitar Pulau Pantar, terdapat 18 titik selam yang dikenal dengan sebutan “Baruna’s Dive Sites at Alor”. Selain diving, ada jenis objek wisata baru yang ditawarkan Alor yaitu wisata perbatasan, yakni mengunjungi Desa Maritaing di Kecamatan Alor Timur sebagai desa terdepan yang membatasi Indonesia dengan Timor Leste. Di desa ini, baru saja dibangun monumen perbatasan berupa patung Jendral Sudirman yang rencananya akan diresmikan pada Oktober 2011 nanti.
Karena alasan-alasan inil, sejumlah warga asing asal Australia, Amerika dan Jepang bekerjasama dengan penduduk lokal menyediakan jasa diving dengan club usaha masing2. Mereka menyediakan sarana, mulai dari guide hingga peralatan yang disewakan.

Selain Selat Pantar, kita juga bisa berburu nikmat di Pantai Mali juga menyajikan wisata eksotis. Lokasi pantai Ini berada di Desa Kabola, Kecamatan Teluk Mutiara. Jarak dari Kalabahi, ibukota Kabupaten Alor sekitar 10 kilometer. Dari bibir pantai Mali, kita dapat melihat indahnya pulau Sika.  Di tengah-tengah pulau ini terdapat sebuah kuburan tua yang keramat menurut warga setempat. Jaraknya sekitar 1,8 mil dari pantai Mali. Disana kita juga bisa menjumpai mata air yang diapit rimbunnya pohon kenari dan cendana. Untuk menuju ke lokasi tersebut, sarana laut dan darat telah disediakan warga setempat.

Di perkampungan tradisional Takpala, kita bisa mendapati rumah adat yang uniki, upacara pernikahan adat , dan berbelanja ciptaan lokal seperti moko, Lego-lego dan Cakalele. Dari Kalabahi ke perkampungan ini jaraknya 13 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 20 menit. Disini,,, kita dapat menikmati keindahan Teluk Benlelang dan lingkungan sekitarnya.

Perkampungan tradisional lain bisa kita jumpai di Monbang (Desa Kopidil) dan Bampalola di Kecamatan Alor Barat Laut. Jarak dari Kalabahi menuju Monbang sekitar 7 kilometer. Sedangkan menuju Bampalola sekitar 15 kilometer. Potensi yang dapat dinikmati yakni perkampungan asli suku Kabola, rumah adat, lagu klasik khas Kabola, tarian khas suku Kabola serta busana spesifik dari kulit kayu. Dalam perjalanan menuju
ke sana kita dapat menikmati keindahan Teluk Mutiara

Bagaimana dengan transportasi menuju Alor? Untuk ke sana kita bisa menggunakan jasa penyeberangan laut atau udara. Khusus, pesawat bisa melalui Jakarta – Kupang – Alor, Bali – Kupang – Alor. Dan, jika ingin menggunakan transportai laut, maka kita bisa melalui pintu pelabuhan Kupang, Flores dan Atapupu (Kabupaten Belu).  Disini ada kapal penumpang, kapal niaga dan kapal kargo, serta kapal tradisional. Semua kapal mempunyai jadwal beroperasi menghubungkan Alor dengan daerah-daerah lain di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.
by. cheker
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

KORAN MARICA

Blogroll

 
Support : Creating Website | Marica Desa Kayang | Marica Bisa
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. KORAN MARICA DESA KAYANG - All Rights Reserved
Template Design by Marica Desa Kayang Published by KORAN MARICA